Selasa, 14 Januari 2020

SEJARAH STMIK DIPANEGARA MAKASSAR

STMIK Dipanegara berdiri pada tanggal 7 Juli 1994 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan status terdaftar. Pada awal berdirinya, hanya memiliki dua program studi pada saat itu. Seiring perkembangan zaman, STMIK Dipanegara akhirnya menambah satu program studi dan memiliki tiga program dan menambah satu lagi studi hingga saat ini.


Program studi

STMIK Dipanegara memiliki 4 program studi, yaitu:

Sarjana (S1)

  • Sistem Informasi
  • Teknik Informatika
  • Rekayasa Perangkat Lunak

Diploma III (D3)

  • Manajemen Informatika

Akreditasi

Akreditasi Institusi

STMIK Dipanegara terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mulai tahun 2017 hingga tahun 2022.

Akreditasi Program Studi

Daftar Akreditasi Program Studi STMIK Dipanegara
Program StudiJenjang StudiAkreditasiMasa Berakhir
Sistem InformasiSarjana (S1)B2021
Teknik Informatika
Rekayasa Perangkat Lunak
Manajemen InformatikaDiploma III (D3)2019

Sarana dan prasarana

STMIK Dipanegara memiliki dua gedung utama masing-masing berlantai tiga dan berlantai lima, satu gedung lembaga kemahasiswaan dan koperasi mahasiswa, lahan parkir yang luas, pengamanan kendaraan, pendopo pertemuan, mushalla, lapangan basket, dan lain-lain. Untuk melengkapi fasilitas dan kualitas pembelajaran, sejak tahun 2008 telah membangun "cyber campus" yang dilengkapi dengan model pembelajaran e-learning. Fasilitas yang tersedia antara lain hotspot 24 jam serta fasilitas sistem informasi pada portal utama yang antara lain:
  • Kios Informasi: dengan teknologi touch screen yang mampu menyajikan informasi mengenai nilai, kelas, jadwal. KRS, serta informasi lainnya yang berhubungan dengan akademik.
  • e-Learning: dibangun dengan tujuan agar proses revisi dan pembaruan materi perkuliahan dapat dilakukan kapan dan dimana saja sepanjang terdapat koneksi LAN atau Internet untuk melakukan pengunggahan dan pengunduhan materi.
  • Akademik online: menyajikan informasi yang berbasis web kepada mahasiswa mengenai dosen, kurikulum, KRS, DNS, transkip, dan lain-lain.
  • Perpustakaan online: menyajikan informasi yang berbasis web kepada anggota perpustakaan mengenai buku-buku yang tersedia, status peminjaman buku, tanggal wajib pengembalian buku, reservasi, dan lain lain.
  • Alumni: menyajikan informasi tentang seluruh alumni dimulai sejak angkatan pertama hingga terakhir.
  • Diskusi Umum: sebuah portal berbentuk forum dimana seluruh mahasiswa, dosen, dan pihak terkait dapat saling berbagi dan berdiskusi secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar